08 Agustus 2016

Perbedaan Sarana dan Prasarana


Pengertian sarana dan prasarana memiliki perbedaan arti namun saling terkait. Berikut definisi yang dikutip dari blog Kanal Informasi


Pengertian sarana adalah segala sesuatu yang dipakai sebagai alat untuk mencapai makna dan tujuan (Kamus Besar Bahasa Indonesia,2008). Sebagai contoh: sarana pendidikan diartikan sebagai alat untuk mencapai tujuan pendidikan, misalkan buku, tas, pulpen, komputer, dll.

Pengertian prasarana adalah segala sesuatu yang merupakan penunjang utama terselenggaranya suatu proses (Kamus Besar Bahasa Indonesia, 2008) Sebagai contoh: prasarana pendidikan berarti alat tidak langsung untuk mencapai tujuan dalam pendidikan, misalnya lokasi, bangunan sekolah, lapangan olahraga, dll.

Contoh lain dari pengertian sarana dan prasarana yaitu mobil, bus, motor adalah sarana transportasi darat sedangkan jalan raya, rambu lalu lintas, jembatan, terminal adalah prasarana transportasi darat. Dengan kata lain, pengertian umum sarana lebih ditujukan untuk alat atau benda-­benda yang bergerak sedangkan prasarana lebih ditujukan untuk alat atau benda-­benda yang tidak bergerak.